'/> Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Info Populer 2022

Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Sesuai dengan materi kriteria dan materi pengajar, guru harus mempunyai kualifikasi kompetensi tertentu sesuai dengan bidang kiprah dan karenanya sanggup menghasilkan lulusaan yang bermutu. Adapun kualifikasi kompetensi guru yang harus dimiliki menurut Peraturan Pemerintah (PP) RI No.19 tahun 2005 yaitu sebagai diberikut:

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap penerima didik, perancangan dan pengaplikasian pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimilikinya. Jadi, dalam kaitannya dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu kemampuan guru PAI dalam mengajarkan akhlak melalui perencanaan pembelajaran menyerupai pemdiberian teori serta evaluasi yang terselubung dalam acara berguru mengajar dikelas, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.

2. Kompetensi Kepribadian

Merupakan kondisi guru sebagai individu yang mempunyai kepribadian yang mantap sebagai teladan seorang pendidik yang diberiwaba. Adapun kompetensi kepribadian ini meliputi banyak sekali aspek yakni mempunyai kepribadian sebagai pendidik yang layak diteladani, dan mempunyai sikap serta kemampuan kepemimpinan dalam interaksi yang bersifat demokratis dalam mengayomi penerima didik. Kaprikornus dalam hubungannya dengan kiprah guru PAI, yaitu dalam memdiberikan bimbingan moral, guru harus mempunyai kepribadian yang sanggup dijadikan teladan oleh siswa dikelas. Dengan kata lain, baiknya kepribadian seorang guru dalam mengajar, akan besar lengan berkuasa baik pula bagi siswa yang diajarnya.

3. Kompetensi Profesional

Merupakan penguasaan materi ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang studi atau mata pelajaran yang akan didiberikan kepada penerima didik dengan memakai sistem intruksional dan seni administrasi pembelajaran yang tepat. Kompetensi profesional ini mencakup:
  • Penguasaan materi pembelajaran atau bidang studi yang meliputi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara teriris dan praktis.
  • Penguasaan pengetahuan cara mengajar dan kemampuan melaksanakannya secara akibattif.
  • Penguasaan pengetahuan ihwal cara dan proses berguru dan bisa membimbing penerima didik secara berkelas.
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman professional mengenai prilaku individu dan kelompok dalam masa perkembangan dan bisa melaksanakannya dalam proses pembelajaran untuk kepentingan penerima didik, termasuk acara bimbingan.
  • Menguasai pengetahuan kemasyarakatan dan pengetahuan umum yang memadai.
  • Menguasai kemampuan mengpenilaian hasil atau prestasi berguru penerima didik secara obyektif.
Jadi, dalam kaitannya dengan guru pendidikan agama islam yaitu merupakan penguasaan materi ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang studi atau mata pelajaran yang akan didiberikan kepada penerima didik dengan memakai sistem intruksional dan seni administrasi pembelajaran yang sempurna dalam memdiberikan pelatihan akhlak tersebut.

4. Kompetensi Sosial

Kaitannya dengan imbas kiprah guru terhadap pelatihan akhlak merupakan kemampuan guru sebagai bab dari suatu kelompok sosial yang bisa berkomunikasi secara akibattif dan efisien dengan penerima didik, sesama guru, orang renta atau wali penerima didik serta masyarakat sekitar dalammemdiberikan pendidikan moral. Adapun aspek-aspek dalam kompetensi ini meliputi:
  1. Memiliki sikap yang terpuji dengan sikap dan kepribadian yang menyenangkan dalam pergaulan disekolah dan masyarakat.
  2. Memiliki kemampuan menghormati dan menghargai orang lain khususnya penerima didik dengan keludang keringhan dan kekurangan masing-masing.
  3. Memiliki ahlak yang mulia sesuai agama yang dianut.
Dari keempat kompetensi di atas, kompetensi kepribadian yang bekerjasama eksklusif dengan pembentukan akhlak anak didik dan akrab kaitannya dengan kiprah guru pendidikan agama islam. Guru harus menjadi teladan dan memdiberikan teladan yang baik dari segala sisi kepada anak didik alasannya apa yang kita diberikan sanggup ditiru anak didik.
Demikian uraian empat kompetensi guru khususnya dikaitkan dengan kompetensi guru pendidikan agama islam .

Advertisement

Iklan Sidebar